Friday, June 24, 2016

Tsar Bomba - Bom Nuklir Terbesar Dan Terdahsyat Yang Pernah Dibuat Manus...







Dalam perang, BOM adalah senjata paling diandalkan karena dapat menghancurkan pertahanan musuh secara sepihak. Bom telah digunakan sejak abad ke-11 di Dinasti Song Cina. BOM juga memiliki jenis-jenis seperti BOM ranjau, bom granat, hingga yang paling dahsyat adalah jenis Bom Nuklir. Namun pernahkah terbesit dipikiran anda, Bom apakah yang paling besar daya ledaknya yang pernah dibuat oleh manusia?

Tsar Bomba yang berarti Kaisar Dari Segala Bom adalah sebuah bom nuklir yang diciptakan oleh negara Uni Soviet. Tsar Bomba adalah proyek dari Ivan, pembuatan bom membutuhkan waktu selama 15 minggu dan diuji coba pada tanggal 30 Oktober 1961. Bom ini diuji cobakan di sekitar Pulau Novaya Zemlya, Laut Arktik. Tsar Bomba memiliki berat sebesar 27 ton dan diangkut oleh pesawat TU-95 yang merupakan pesawat pengebom terbesar pada jamannya.



cahaya dari ledakan bom ini dapat dilihat dari jarak 1000 kilometer jika dianalogikan, anda menjatuhkan bom itu di Bali, anda bisa lihat cahayanya di kalimantan selatan. Kaca-kaca retak dalam radius 900 kilometer. Dan Jamur asap terlihat membumbung hingga 64 kilometer dari permukaan.



Ledakan ini bisa jadi lebih besar. Tsar Bomba awalnya ditujukan untuk mengeluarkan kekuatan 100 megaton. Tetapi di desain ulang untuk mengurangi jumlah radioaktif yang tersebar. Dalam uji coba tersebut kekuatan yang dihasilkan adalah sebesar 57 megatons.



Ketika bom dilepas dari pesawat TU 16 yang dibawa pilot Mayor Andrei Durnovtsev. Pesawat berada di ketinggian 10.500 meter. Walau pesawat pembawa bom Big Ivan sudah kabur lebih dahulu, pesawat TU 16 sempat merosot dari ketinggian 1km akibat tarikan gelombang kejut.



Dibandingkan dengan gunung krakatau, ledakan terbesar gunung ini mencapai 200 megaton TNT, jadi bisa dibilang ledakan gunung krakatau 3 kali lebih besar dari ledakan buatan manusia ini (tsar bomba)

Lama Suara ledakan : 49 menit



50 Megaton TNT, sebanding dengan seluruh bom yg meledak pada Perang Dunia II dan dikalikan 10

gambar ini menunjukkan perbandingan tinggi ledakan awan Tsar Bomba dengan tinggi gunung tertinggi di dunia.  Sedangkan dengan tinggi ledakan Bom atom Horishima yang hanya mencapai 12 kilometer saja.

Dengan ledakan sebesar itu, akan bisa meratakan kota prancis dengan 1 kali ledakan Tsar bomba. Tidak ada yang pernah mengharapkan terjadinya perang, namun karena sifat serakah manusia dan ego yang tak terkontrol, akan malah menghancurkan dirinya sendiri
No comments :

No comments :

Post a Comment

Entri Populer